The only hypnotherapy school in Indonesia approved by American Council of Hypnotist Examiners (ACHE), USA

Artikel
Penyembuhan adalah Proses Spiritual yang Mendalam
13 Juni 2025

Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi medis, kata “penyembuhan” sering kali diasosiasikan dengan hilangnya gejala atau perbaikan fungsi fisik. Namun, semakin banyak orang menyadari bahwa penyembuhan sejati tidak hanya terjadi di tingkat tubuh atau pikiran, melainkan menyentuh dimensi yang lebih dalam—dimensi spiritual.

Ketika seseorang mengalami luka, terlebih luka batin yang mendalam seperti kehilangan, pengkhianatan, atau trauma masa kecil, yang terguncang bukan hanya pikiran atau emosi, tetapi juga identitas terdalam dan makna hidupnya.

Rasa aman, kepercayaan, bahkan eksistensi diri bisa ikut retak. Dalam kondisi seperti ini, penyembuhan tidak lagi cukup bila hanya diarahkan pada aspek biologis atau kognitif. Ia harus menjangkau, merawat, dan memulihkan inti terdalam keberadaan manusia.

Lebih dari Sekadar Menghilangkan Gejala

Penyembuhan sejati bukan sekadar hilangnya rasa sakit. Ia adalah pemulihan makna, penerimaan terhadap masa lalu, dan rekonsiliasi dengan diri sendiri. Dalam proses ini, seseorang akan berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan eksistensial:

- Mengapa ini terjadi pada saya?
- Apa makna dari penderitaan ini?
- Apa yang perlu saya pelajari dan lepaskan?

Pertanyaan-pertanyaan ini bukanlah wilayah farmakologi atau terapi perilaku semata. Mereka adalah panggilan jiwa—sebuah perjalanan batin yang menuntun seseorang kembali ke pusat dirinya.

Ruang Keheningan dan Kesadaran

Penyembuhan spiritual berlangsung dalam keheningan, tidak tergesa, tidak ramai, berjalan secara alamiah. Ia menuntut keberanian untuk duduk bersama luka, merasakan yang tak ingin dirasa, dan menatap yang selama ini dihindari. Meditasi, doa, refleksi, dan praktik-praktik kesadaran menjadi jembatan menuju keutuhan kembali.

Melalui perjalanan ini, seseorang mulai menyadari bahwa ia bukan sekadar kumpulan luka, melainkan pribadi yang tetap utuh meski pernah retak. Ada kekuatan di dalam diri yang tidak hancur oleh trauma. Dan dari sanalah, penyembuhan sejati bermula.

Dari Keterpecahan Menuju Keutuhan

Trauma memecah. Ia menciptakan jarak antara pikiran dan tubuh, antara sekarang dan masa lalu, antara diri yang tampak dan jiwa yang terluka. Penyembuhan spiritual adalah proses penyatuan kembali. Saat emosi yang selama ini direpresi akhirnya mampu dilepaskan, saat makna yang hilang ditemukan, dan saat luka yang tersembunyi diakui tanpa penolakan—di situlah benih penyembuhan tumbuh.

Penyembuhan bukan berarti menjadi seperti semula. Melainkan menjadi pribadi baru yang lebih utuh, lebih sadar, dan lebih berbelas kasih—termasuk kepada diri sendiri.

Jalan Sunyi yang Menguatkan

Penyembuhan adalah proses spiritual yang mendalam. Ia tak selalu riuh. Ia tak menuntut sorotan. Namun, justru di dalam keheningan yang utuh, pemulihan yang paling sejati terjadi. Dan bagi jiwa-jiwa yang berani menempuh jalan ini, akan ditemukan tidak hanya kesembuhan, tetapi juga kedamaian, keutuhan, dan kebijaksanaan hidup yang tidak dapat diberikan oleh dunia luar.

Sembuh Adalah Pulang ke Diri

Sembuh bukan berarti melupakan apa yang telah terjadi. Bukan pula menutup luka dengan berpura-pura kuat, sementara diri luruh dalam kerapuhan.

Sembuh adalah keberanian untuk menatap masa lalu tanpa gentar—dengan mata yang baru, dengan hati yang telah melembut oleh kasih dan kearifan.

Sembuh adalah kembali ke fitrah—menyadari bahwa diri kita sejatinya baik adanya. Bahwa semua yang kita alami, termasuk luka dan keterpurukan, adalah bagian dari kurikulum jiwa.

Sebuah jalan pembelajaran dan pertumbuhan yang membawa kita menuju versi terbaik dari diri: insan yang sadar, bijaksana, mulia, dan paripurna.

Tidak ada peristiwa yang sia-sia. Bahkan luka sekalipun, bila diolah dengan kasih dan kesadaran, bisa menjadi pintu masuk untuk pulang ke rumah terdalam: rumah batin yang damai, rumah jiwa yang utuh.

Luka adalah bagian dari perjalanan, bukan inti dari siapa kita. Di balik semua itu, ada kesadaran—yang lembut, jernih, dan tetap utuh—menunggu untuk dikenali sebagai rumah sejati diri kita.

 

 

Baca Selengkapnya

Video

𝐒𝐜𝐢𝐞𝐧𝐭𝐢𝐟𝐢𝐜 𝐄𝐄𝐆 & 𝐂𝐥𝐢𝐧𝐢𝐜𝐚𝐥 𝐇𝐲𝐩𝐧𝐨𝐭𝐡𝐞𝐫𝐚𝐩𝐲® (𝐒𝐄𝐂𝐇)
Informasi Hasil Regresi, Valid?
Cara Mudah Menanam Impian ke Pikiran Bawah Sadar

Artikel

Penyembuhan adalah Proses Spiritual yang Mendalam
13 Juni 2025

Di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi medis, kata “penyembuhan” sering kali diasosiasikan dengan hilangnya gejala atau perbaikan fungsi fisik. Namun, semakin banyak orang menyadari bahwa penyembuhan sejati tidak hanya terjadi di tingkat tubuh atau pikiran, melainkan menyentuh dimensi yang lebih dalam—dimensi spiritual.

Ketika seseorang mengalami luka, terlebih luka batin yang mendalam seperti kehilangan, pengkhianatan, atau trauma masa kecil, yang terguncang bukan hanya pikiran atau emosi, tetapi juga identitas terdalam dan makna hidupnya.

Rasa aman, kepercayaan, bahkan eksistensi diri bisa ikut retak. Dalam kondisi seperti ini, penyembuhan tidak lagi cukup bila hanya diarahkan pada aspek biologis atau kognitif. Ia harus menjangkau, merawat, dan memulihkan inti terdalam keberadaan manusia.

Lebih dari Sekadar Menghilangkan Gejala

Penyembuhan sejati bukan sekadar hilangnya rasa sakit. Ia adalah pemulihan makna, penerimaan terhadap masa lalu, dan rekonsiliasi dengan diri sendiri. Dalam proses ini, seseorang akan berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan eksistensial:

- Mengapa ini terjadi pada saya?
- Apa makna dari penderitaan ini?
- Apa yang perlu saya pelajari dan lepaskan?

Pertanyaan-pertanyaan ini bukanlah wilayah farmakologi atau terapi perilaku semata. Mereka adalah panggilan jiwa—sebuah perjalanan batin yang menuntun seseorang kembali ke pusat dirinya.

Ruang Keheningan dan Kesadaran

Penyembuhan spiritual berlangsung dalam keheningan, tidak tergesa, tidak ramai, berjalan secara alamiah. Ia menuntut keberanian untuk duduk bersama luka, merasakan yang tak ingin dirasa, dan menatap yang selama ini dihindari. Meditasi, doa, refleksi, dan praktik-praktik kesadaran menjadi jembatan menuju keutuhan kembali.

Melalui perjalanan ini, seseorang mulai menyadari bahwa ia bukan sekadar kumpulan luka, melainkan pribadi yang tetap utuh meski pernah retak. Ada kekuatan di dalam diri yang tidak hancur oleh trauma. Dan dari sanalah, penyembuhan sejati bermula.

Dari Keterpecahan Menuju Keutuhan

Trauma memecah. Ia menciptakan jarak antara pikiran dan tubuh, antara sekarang dan masa lalu, antara diri yang tampak dan jiwa yang terluka. Penyembuhan spiritual adalah proses penyatuan kembali. Saat emosi yang selama ini direpresi akhirnya mampu dilepaskan, saat makna yang hilang ditemukan, dan saat luka yang tersembunyi diakui tanpa penolakan—di situlah benih penyembuhan tumbuh.

Penyembuhan bukan berarti menjadi seperti semula. Melainkan menjadi pribadi baru yang lebih utuh, lebih sadar, dan lebih berbelas kasih—termasuk kepada diri sendiri.

Jalan Sunyi yang Menguatkan

Penyembuhan adalah proses spiritual yang mendalam. Ia tak selalu riuh. Ia tak menuntut sorotan. Namun, justru di dalam keheningan yang utuh, pemulihan yang paling sejati terjadi. Dan bagi jiwa-jiwa yang berani menempuh jalan ini, akan ditemukan tidak hanya kesembuhan, tetapi juga kedamaian, keutuhan, dan kebijaksanaan hidup yang tidak dapat diberikan oleh dunia luar.

Sembuh Adalah Pulang ke Diri

Sembuh bukan berarti melupakan apa yang telah terjadi. Bukan pula menutup luka dengan berpura-pura kuat, sementara diri luruh dalam kerapuhan.

Sembuh adalah keberanian untuk menatap masa lalu tanpa gentar—dengan mata yang baru, dengan hati yang telah melembut oleh kasih dan kearifan.

Sembuh adalah kembali ke fitrah—menyadari bahwa diri kita sejatinya baik adanya. Bahwa semua yang kita alami, termasuk luka dan keterpurukan, adalah bagian dari kurikulum jiwa.

Sebuah jalan pembelajaran dan pertumbuhan yang membawa kita menuju versi terbaik dari diri: insan yang sadar, bijaksana, mulia, dan paripurna.

Tidak ada peristiwa yang sia-sia. Bahkan luka sekalipun, bila diolah dengan kasih dan kesadaran, bisa menjadi pintu masuk untuk pulang ke rumah terdalam: rumah batin yang damai, rumah jiwa yang utuh.

Luka adalah bagian dari perjalanan, bukan inti dari siapa kita. Di balik semua itu, ada kesadaran—yang lembut, jernih, dan tetap utuh—menunggu untuk dikenali sebagai rumah sejati diri kita.

 

 

Baca Selengkapnya
Akibat Godaan Setan?
13 Juni 2025
Beberapa waktu lalu, seorang klien mengajukan pertanyaan yang cukup menarik, “Pak Adi, apakah hipnoterapi bisa digunakan untuk mengalahkan kuasa setan?”
 
Terus terang, saya sempat bingung. Sebagai hipnoterapis, saya tidak boleh langsung berasumsi atau menarik kesimpulan sepihak. Maka saya tanyakan kembali, “Maksud Anda, kuasa setan itu seperti apa?”
 
Klien kemudian menjelaskan bahwa ia kerap melakukan masturbasi, menonton video porno, dan setiap kali melihat perempuan, pikirannya dipenuhi oleh fantasi seksual. Ia merasa ini adalah dosa, dan yakin bahwa dorongan-dorongan itu muncul karena godaan setan.
 
Ia mengaku sudah berusaha keras menahan diri, tetapi selalu gagal. Dorongan itu terlalu kuat. Saya pun kembali bertanya, “Sebelum Anda melakukan hal-hal yang menurut Anda tidak baik itu, apa yang biasanya muncul di pikiran? Apa yang Anda rasakan?”
 
Klien menjawab, ketika ia sedang santai dan tidak ada kegiatan, dorongan untuk menonton video porno muncul. Ia bahkan mengaku mendengar “suara setan” di dalam kepalanya—suara yang seolah-olah terus mendorong, merayu, dan membujuknya. Akhirnya, ia pun menyerah. Menonton video porno dan bermasturbasi, sambil tentu saja berfantasi.
 
Apakah benar ini karena godaan setan?
 
Sebagai hipnoterapis, saya telah beberapa kali menangani dan berhadapan dengan she Tan. Ada juga yang she Liem, she Go, dan she-she lainnya. Tapi kalau berhadapan langsung dengan setan, belum pernah.
Saya jelaskan kepadanya bahwa apa yang ia alami, dari sudut pandang ilmu pikiran, khususnya hipnoterapi klinis, tidak ada hubungannya dengan setan.
 
Namun klien bersikeras. “Tapi Pak Adi, setan itu kan ada. Setan memang menggoda manusia untuk berbuat dosa. Saya yakin, saya ini dipengaruhi setan.”
 
Sebagai terapis, saya tidak memasuki ranah teologi. Tugas saya adalah membantu klien menyelesaikan masalahnya. Maka saya edukasi klien tentang cara kerja pikiran.
 
Apa yang dialaminya bermula dari kontak antara indera dan objek. Dalam hal ini, antara indera penglihatan dan pendengaran dengan objek berupa video porno. Saat melihat dan mendengar isi video tersebut, muncullah makna, sensasi, dan perasaan menyenangkan. Perasaan inilah yang diperkuat oleh daya imajinasi dalam Pikiran Bawah Sadar (PBS).
 
Rasa senang itu menciptakan keinginan untuk mengulang pengalaman yang sama. Ini adalah prinsip kerja pikiran yang didasari loba atau keserakahan. Semakin sering diulang, dorongannya semakin kuat—seperti bola salju yang terus membesar.
 
Apa yang tidak disadari klien adalah bahwa semua ini telah terekam sangat kuat di PBS-nya. Dalam hal pengaruh terhadap perilaku, kekuatan PBS dibanding Pikiran Sadar (PS) adalah 99 banding 1. Jadi, saat PBS berkata “ya,” sekuat apa pun PS menolak, hasilnya tetap kalah.
 
PBS mendorong individu bertindak melalui emosi, sensasi, bahkan bisikan. Dalam hipnoterapi klinis, suara ini bukanlah suara setan, melainkan ekspresi dari Bagian Diri tertentu—disebut juga Ego Personality.
 
Semakin sering suatu tindakan atau perilaku diulang, ia menjadi semakin kuat, emosi yang menyertainya menjadi semakin intens, daya dorong, kendali, dan kelekatannya juga menjadi semakin kuat membelenggu seseorang. Tanpa kesadaran dan kendali diri yang kuat adalah mustahil untuk bisa mengalahkan dorongan hawa nafsu.
 
Lalu bagaimana cara membantu klien ini?
 
Saya melakukan hipnoanalisis, mencari dan menemukan kejadian paling awal yang mendasari perilakunya, momen saat bola salju ini pertama kali mulai menggelinding. Saya menelusuri akar masalah di dalam PBS-nya dan melakukan proses netralisasi, termasuk terhadap rasa nikmat dari masturbasi yang sebelumnya menjadi “hadiah” dari perilaku tersebut.
 
Hasilnya, dorongan untuk menonton video porno hilang total. Bersamaan dengan itu, dorongan untuk masturbasi juga lenyap, begitu pula fantasi seksual yang biasanya muncul setiap kali melihat perempuan.
 
Saya menyarankan klien untuk menyibukkan diri dengan aktivitas positif serta memperkuat nilai-nilai agama dan kemoralan. Ini menjadi benteng yang kuat untuk mencegah perilaku yang tidak bermanfaat.
 
Saya cukup prihatin ketika mendengar seseorang menyatakan bahwa mereka berbuat dosa atau melanggar nilai agama karena “godaan setan.” Ungkapan ini seringkali menjadi bentuk pelimpahan tanggung jawab. Mereka mencari “kambing hitam” untuk sesuatu yang seharusnya menjadi tanggung jawab pribadi. Akibatnya, mereka beroperasi dengan mentalitas korban.
 
Ketika seseorang bermental korban, ia merasa tidak berdaya. Ia menyerahkan kendali hidupnya pada faktor luar—bukan dirinya sendiri. Dan saat itu terjadi, perubahan menjadi sesuatu yang sangat sulit dicapai.
.
.
(Credit photo: Jetrel)
Baca Selengkapnya
Reseat SECH, Shock Induction, Diskon dan Bonus
12 Juni 2025

Seorang sahabat yang berminat mengikuti kelas Scientific EEG & Clinical Hypnotherapy® (SECH) menghubungi saya dan mengajukan beberapa pertanyaan. Ia bertanya apakah AWGI memberikan fasilitas kepada alumni berupa kesempatan mengulang kelas SECH.

Saya sampaikan bahwa AWGI memberikan fasilitas ini sebagai bentuk layanan dan dukungan berkelanjutan bagi para alumni yang ingin terus belajar, berkembang, dan memperbarui pengetahuan mereka sesuai materi terkini yang diajarkan dalam kelas SECH.

Terdapat dua skema reseat yang kami sediakan. Pertama, kelas reseat SECH berdurasi 4 (empat) hari, khusus bagi hipnoterapis AWGI yang masih aktif menjalankan praktik terapi. Kedua, kelas reseat penuh selama 10 hari, ditujukan bagi alumni yang sudah sangat lama tidak aktif sebagai hipnoterapis dan perlu menyegarkan kembali seluruh materi dari awal.

Ia kemudian bertanya, apakah reseat ini diberikan secara gratis. Saya jawab, tidak. Setiap peserta, termasuk alumni, tetap diwajibkan membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sahabat ini lalu membandingkan kebijakan AWGI dengan beberapa lembaga lain yang, menurutnya, memberikan fasilitas reseat seumur hidup secara gratis bagi semua alumni.

Saya jelaskan kepadanya bahwa hal tersebut tidak berlaku di AWGI. Sejak pertama kali saya mengajar hipnoterapi pada tahun 2008, saya memperlakukan AWGI setara dengan lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang menghasilkan lulusan di bidang kesehatan seperti dokter, psikiater, atau psikolog klinis.

Saya belum pernah mendengar ada dokter atau psikolog yang meminta untuk mengulang perkuliahan secara penuh, kembali ke kampus, dan belajar dari awal. Hal yang sama berlaku di AWGI.

Untuk alumni yang mengikuti kelas reseat 4 hari, mereka tetap dikenakan biaya pendidikan tertentu. Sedangkan bagi yang mengikuti kelas SECH secara penuh selama 10 hari, mereka diperlakukan sebagai peserta baru.

Sejak awal, saya telah menanamkan dalam pikiran bawah sadar setiap peserta SECH bahwa mereka perlu belajar dengan sungguh-sungguh dan membangun kompetensi terapeutik yang tinggi. Jika mereka tidak berniat belajar secara serius, maka lebih baik tidak mengikuti kelas ini karena hanya akan membuang waktu, tenaga, dan biaya.

Kelas SECH hanya diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar serius dan merasa terpanggil untuk menjadi penyembuh—seorang hipnoterapis profesional yang ingin berkarya nyata dan memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Sahabat ini juga bertanya apakah saya masih mengajarkan teknik shock induction atau induksi kejut. Saya jelaskan bahwa dahulu saya memang mengajarkannya, sebelum akhirnya saya menciptakan Adi W. Gunawan Induction (Adi Induction). Sejak saat itu, saya tidak lagi mengajarkan shock induction.

Dulu, saya tidak hanya mengajarkan cara melakukan shock induction, tetapi juga menjelaskan secara detail bagaimana teknik ini bekerja, proses yang terjadi di aspek fisik dan mental klien, serta risiko-risiko yang mungkin timbul.

Ada beberapa alasan saya berhenti mengajarkan teknik ini. Pertama, shock induction bersifat agresif dan sangat dominatif, yang dapat membuat klien merasa tidak nyaman bahkan terintimidasi. Bila terapis tidak cermat dan hati-hati, teknik ini dapat menimbulkan reaksi kejut yang berdampak negatif pada klien, baik secara psikologis maupun fisik. Kedua, banyak terapis wanita merasa tidak nyaman melakukannya. Ketiga, teknik ini juga sulit diterapkan jika klien duduk di kursi terapi, karena keterbatasan posisi dan ruang gerak.

Pertanyaan lain yang ia ajukan: apakah AWGI memberikan diskon atau bonus? Saya jawab dengan tegas, AWGI tidak menawarkan diskon maupun bonus materi dalam bentuk e-book, audio, video, skrip, atau bentuk lainnya.

Namun sesungguhnya, peserta kelas SECH memperoleh “bonus” yang jauh lebih berharga—yaitu materi ajar yang selalu diperbarui, pengetahuan terkini, strategi intervensi terbaru, teknik-teknik klinis yang terus saya kembangkan, serta kesempatan untuk mendapatkan bimbingan dan supervisi yang personal serta berkelanjutan dari pengajar yang merupakan hipnoterapis aktif dengan pengalaman lebih dari dua puluh tahun. Saya sendiri terus belajar dan menyempurnakan keilmuan hipnoterapi yang saya ajarkan.

Kebijakan ini telah saya terapkan secara konsisten sejak kelas SECH pertama diselenggarakan pada tahun 2008. Saya ingin peserta datang ke AWGI karena mereka sungguh ingin belajar dan memperoleh pendidikan yang berkualitas tinggi—bukan karena tergiur oleh diskon atau bonus.

Sahabat ini kemudian menanyakan kapan kelas SECH diselenggarakan. Saya jawab bahwa kelas SECH saat ini sedang berlangsung. Kelas berikutnya akan diselenggarakan pada pertengahan tahun depan.

Ia tampak kecewa karena tidak bisa mengikuti kelas tahun ini. Ia mengatakan bahwa bila harus menunggu sampai tahun depan, ia tidak lagi berminat.

Saya menanggapinya dengan santai. Saya katakan, "Tidak apa-apa bila sudah tidak berminat. Anda tidak harus belajar hipnoterapi di AWGI. Silakan belajar di lembaga lain. Bila memang ada jodoh, kita akan bertemu. Kalau tidak ada jodoh, sekeras apa pun upaya kita, pertemuan itu tak akan terjadi. Jadi, santai saja. Semua akan indah pada waktunya."

Demikianlah adanya...
Demikianlah kenyataannya...

Baca Selengkapnya
Entropi Emosional dan Abreaksi: Kekacauan yang Menyembuhkan
10 Juni 2025

Dalam jagat fisika, Hukum Termodinamika Kedua yang digagas oleh Ilya Prigogine menyatakan bahwa dalam sistem tertutup, entropi—ukuran ketidakteraturan atau kekacauan—selalu meningkat. Artinya, tanpa intervensi eksternal, semua sistem akan bergerak menuju disorganisasi, menuju keadaan di mana energi menjadi tak lagi dapat digunakan secara efektif. Sebuah sistem yang hanya menyimpan, tanpa mengalirkan atau melepaskan energi, pada akhirnya akan mengalami stagnasi dan keruntuhan.

Namun, bagaimana jika prinsip ini kita tarik ke dalam ruang batin manusia?

Setiap manusia menyimpan emosi. Ketika emosi—khususnya emosi negatif—tidak terproses, seperti marah yang direpresi, duka yang tak ditangisi, atau trauma yang tak pernah diungkap, maka entropi emosional mulai terakumulasi, menekan dan mendesak keseimbangan sistem psikis kita. Semakin lama dibiarkan, semakin tinggi tekanan yang tercipta. Pikiran menjadi kabur, tubuh tegang, dan respons menjadi tidak proporsional. Sistem psikis pun menyerupai sistem tertutup: penuh energi yang tak tersalurkan, menyimpan kekacauan tersembunyi yang terus bergejolak menuju “keruntuhan.”

Di sinilah abreaksi menemukan relevansinya.

Abreaksi adalah pelepasan emosi yang terakumulasi dan tertahan di pikiran bawah sadar (PBS) melalui pengalaman ulang yang disadari dalam kondisi aman—biasanya difasilitasi dalam sesi hipnoterapi. Saat seseorang dalam kondisi hipnosis kembali mengakses momen-momen traumatis atau luka batin, dan diizinkan untuk mengungkapkan respons emosional yang selama ini tertahan, maka energi psikis yang selama ini “terperangkap” di PBS dapat dilepaskan.

Tangisan, tubuh yang bergetar, gerakan memukul, menendang, jeritan, atau napas yang mendesak—semuanya merupakan bentuk “kekacauan” yang, bila difasilitasi dengan benar, justru menyembuhkan. Ia bukan destruksi, melainkan restabilisasi dan rehabilitasi. Sama seperti dalam sistem termodinamika terbuka yang menerima energi dari luar, manusia pun membutuhkan ruang, relasi, dan fasilitasi eksternal untuk mencapai bentuk keseimbangan baru.

Konsep ini sangat sejalan dengan gagasan Ilya Prigogine, peraih Nobel yang mengkaji struktur disipatif—yakni sistem terbuka yang mampu mempertahankan keteraturan melalui reorganisasi setelah mengalami ketidakseimbangan signifikan. Menurut Prigogine, justru karena adanya kekacauan, suatu sistem dapat berevolusi ke tingkat keteraturan yang lebih tinggi. Sistem hidup, termasuk manusia, bukanlah sistem tertutup yang stagnan, melainkan entitas dinamis yang terus beradaptasi.

Dengan kata lain, dalam terapi, abreaksi dapat dipahami sebagai bentuk struktur disipatif dalam ranah psikologis. Klien datang dalam kondisi psikis tak seimbang, membawa entropi yang terus meningkat dan termanifestasi dalam berbagai gejala. Melalui sesi terapi yang tepat, klien diberi ruang aman, dukungan dan jalan untuk melepaskan tekanan tersebut, mengintegrasikannya, dan secara alami menyusun ulang dirinya dalam kondisi yang lebih sehat dan seimbang.

Manusia, dengan kesadarannya, adalah sistem terbuka yang selalu bergerak mencari homeostasis baru. Dan jalan menuju keseimbangan itu tidak selalu tenang—sering kali harus dilalui melalui badai emosi yang dilepaskan dengan keberanian dan penerimaan.

Abreaksi bukanlah kekacauan yang merusak. Ia adalah fase transisi menuju keteraturan yang lebih tinggi. Dalam konteks hipnoterapi, abreaksi merupakan proses yang disengaja dan difasilitasi dengan aman, tepat, dan terkendali oleh hipnoterapis yang memiliki kompetensi terapeutik tinggi. Saya menyebutnya sebagai controlled chaos atau kekacauan yang terkendali.

Abreaksi mengacu pada proses mengalami kembali dan mengekspresikan peristiwa atau emosi traumatis masa lalu—sering kali dengan respons emosional yang intens—sebagai cara untuk melepaskan perasaan yang terpendam dan memperoleh kelegaan psikologis (Wadsworth et al., 1995).

Namun, proses ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Untuk mengembalikan sistem psikis ke keseimbangan yang sehat, abreaksi harus menyentuh kejadian paling awal (ISE) yang menjadi akar masalah. Klien perlu mengalami pengalaman emosional korektif—yakni kembali hadir dan mengalami peristiwa tersebut, melepaskan emosi yang terperangkap, serta memperoleh pemahaman baru melalui proses pemaknaan, baik melalui analisis transferensi maupun dalam kondisi hipnosis (Alexander & French, 1946).

Terapi yang memberdayakan tidak sekadar bertujuan mengeluarkan entropi emosi negatif dari dalam sistem psikis, melainkan juga membangun pemahaman dan meningkatkan kesadaran. Dengan demikian, ketika klien di kemudian hari menghadapi pengalaman serupa, ia telah memiliki kapasitas baru untuk merespons secara lebih sehat, dengan perspektif dan kebijaksanaan yang lebih matang.

Agar aberaksi dapat menghasilkan dampak terapeutik optimal dan bertahan lama, beberapa syarat berikut perlu dipenuhi (Gunawan, 2013):

1. Dilakukan pada kejadian paling awal (initial sensitizing event) dari rangkaian memori yang memicu gangguan emosi dan perilaku.

2. Tuntas dan menyeluruh, memastikan seluruh emosi dalam memori awal dilepaskan sepenuhnya.

3. Klien dibantu memperoleh pemaknaan baru, agar mampu melihat kembali peristiwa tersebut dari perspektif yang lebih dewasa dan sehat.

4. Perlu dilakukan rekonstruksi memori sehingga yang tersimpan di pikiran bawah sadar klien, usai terapi, adalah memori positif dan menyenangkan.

Baca Selengkapnya