"To understand and work with the mind, one has to go beyond the mind."
- Adi W. Gunawan
"Saya jengkel sama diri saya, Pak," keluh seorang klien saya.
"Maksud Ibu?" tanya saya.
"Saya benar-benar ingin berubah. Saya ingin berkembang. Saya ingin hidup saya bisa lebih baik. Saya sudah coba banyak hal. Tapi kenapa kok sepertinya saya ini sangat sulit berubah. Makin saya paksakan diri saya untuk berubah, rasanya semakin sulit berubah. Apa saya ini nggak normal ya, Pak?" jawab klien saya sambil menarik napas panjang.
"Bu, apa yang Ibu alami ini adalah sesuatu yang sangat normal. Justru kalau Ibu sangat mudah berubah, ini yang nggak normal," jawab saya sambil mulai melakukan induksi dalam bentuk mental confusion.
"Lha, masa yang gampang berubah dikatakan nggak normal. Bukankah perubahan adalah sesuatu yang diinginkan setiap orang?" tanya Ibu ini dengan penasaran.
Pembaca yang budiman. Kita semua ingin berubah, ke arah yang lebih baik tentunya. Namun mengapa perubahan tampaknya sulit terjadi? Mengapa saya mengatakan bahwa "sulit berubah" adalah sesuatu yang baik dan normal?
Bisa Anda bayangkan bila kita sangat mudah berubah (baca: dipengaruhi)? Kita akan menjadi orang plin plan. Tidak punya pendirian. Kita akan menjalani hidup tidak berdasarkan pendirian atau prinsip hidup kita. Kita senantiasa berubah karena pengaruh lingkungan, apa yang kita baca, orang di sekitar kita, iklan, dan berita di media masa.
Lalu, mengapa kita sulit berubah?
Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu melihat proses pembentukan dan perkembangan pikiran. Saat kita masih kecil, sejak dalam kandungan sampai usia tiga tahun, praktis kita hanya beroperasi dengan menggunakan pikiran bawah sadar. Saat ini belum ada pikiran sadar. Pikiran sadar baru mulai terbentuk dan berkembang pada usia tiga tahun. Pikiran sadar semakin berkembang, semakin tebal, dan semakin kaku sesuai dengan bertambahnya usia. Sekitar pada usia sebelas tahun pikiran sadar telah benar-benar tebal dan menjadi suatu filter yang dengan sangat aktif dan efektif menyaring berbagai informasi yang diterima pikiran.
Nah, pertanyaannya sekarang adalah apa hubungan antara menebalnya filter pikiran sadar dengan sulitnya perubahan? Filter apa sih yang ada di pikiran sadar? Bagaimana cara kerja filter ini?
Melalui penelitian yang mendalam selama lebih dari dua puluh lima tahun di Sofia, Bulgaria, Georgi Lozanov menemukan bahwa manusia punya tiga jenis filter. Apabila kita mengerti cara kerja masing-masing filter ini maka kita dapat mengakses atau memasukkan berbagai sugesti atau program pikiran langsung ke pikiran bawah sadar tanpa mendapat perlawanan atau penolakan. Hasilnya? Perubahan cepat dan permanen dapat segera terjadi.
Lozanov adalah Bapak Accelerated Learning dunia. Dengan teknik Suggestopedia yang ia kembangkan, ia mampu mengajarkan kosa kata bahasa asing, misalnya Inggris atau Perancis, kepada mahasiswanya sebanyak 1.200 kata per hari. Benar Anda tidak salah baca. Seribu dua ratus kata per hari dengan tingkat retensi yang sangat tinggi, sekitar 98 persen. Namun bukan ini yang akan saya bahas dalam artikel ini.
Kembali kepada ketiga filter pikiran di atas. Filter ini disebut anti-suggestive barrier. Sesuai dengan namanya, filter ini justru berfungsi sebagai penghambat sugesti. Tanpa filter ini maka kita akan terlalu mudah terpengaruh dan terlalu mudah berubah. Hal ini justru akan sangat membahayakan diri kita. Filter ini berfungsi untuk melindungi kondisi status quo yang kita rasa atau pandang sebagai kondisi yang aman dan berharga. Filter ini berfungsi sebagai pelindung diri kita dari berbagai input yang mungkin akan mengakibatkan diterimanya kepercayaan (baca: program) baru. Dengan kata lain, anti-suggestive barrier berfungsi untuk menolak input yang masuk ke dalam pikiran sadar yang tidak sejalan dengan data atau program yang telah berada di pikiran bawah sadar.
Ketiga anti-suggestive barrier ini adalah logical barrier, intuitive (affective) barrier, dan ethical barrier.
Logical barrier berfungsi melindungi individu dengan cara menolak setiap sugesti yang bertentangan dengan aturan logika seorang si individu. Contohnya? Misalnya income Anda Rp2 juta per bulan. Anda ingin meningkatkan income Anda. Untuk itu Anda melakukan afirmasi atau berkata, "Income saya Rp 10 juta." Sugesti ini akan ditolak oleh pikiran sadar. Mengapa? Karena logical barrier akan melakukan cross check data income Anda yang sesungguhnya, dengan mengakses data yang ada di pikiran bawah sadar, dan membandingkan dengan input yang Anda masukkan.
Hal yang sama terjadi saat kita berusaha memotivasi anak kita, yang misalnya nilai ujian matematikanya hanya 4, dengan berkata, "Kamu anak pintar." Saat pikiran sadar si anak menerima sugesti ini, sebelum diteruskan ke pikiran bawah sadar, maka logical barrier akan bekerja dan melakukan pengujian atau validasi apakah data ini sejalan dengan yang tersimpan di data base. Setelah diperiksa kebenaran datanya maka di pikiran si anak akan muncul pertanyaan, "Lha, kalau saya pintar lalu mengapa nilai ujian saya selalu di bawah 5"? Dengan demikian sugesti ini pasti ditolak.
Intuitive/affective barrier berfungsi melindungi individu dengan cara menolak setiap sugesti, suasana, situasi, atau tindakan yang dirasa atau dipandang, oleh si individu, akan mengancam atau merugikan keselamatan fisik, mental dan emosi, dan atau yang akan melukai harga dirinya. Contohnya? Misalnya saat Anda kecil orangtua Anda sering ribut karena masalah uang. Maka setelah Anda dewasa hanya dengan memikirkan kemungkinan untuk sukses secara finansial bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan aman. Mengapa? Karena pikiran Anda telah me-link antara uang dan keretakan dalam hubungan keluarga.
Contoh lain dalam dunia pendidikan. Bila seorang anak telah berkali-kali gagal dalam bidang studi tertentu, katakanlah bahasa Inggris, maka saat harus belajar bahasa Inggris ia akan merasa tidak nyaman. Mengapa? Karena ia "tahu" bahwa ia tidak mampu dan tidak bisa. Kalau ujian nilainya pasti jelek. Kalau nilainya jelek berarti ia anak yang bodoh. Perasaan bodoh dan tidak mampu ini merupakan beban mental dan emosi yang berat. Dan kita tahu tidak ada seorang pun di dunia ini yang mau dikatakan sebagai orang bodoh. Jadi, saat kita berkata, "Bahasa Inggris itu gampang kok." Si anak pasti menolak sugesti ini.
Ethical barrier berfungsi melindungi individu dengan cara menolak semua sugesti yang bertentangan dengan nilai-nilai akan hal yang benar dan salah, menurut individu itu. Contohnya? Seorang kawan, saat saya jelaskan mengenai prinsip Becoming a Money Magnet, berkata, "Wah, cara kerja seperti ini nggak benar."
"Apanya yang nggak benar?" kejar saya.
"Cari duit nggak bisa seperti itu. Kalau terlalu mudah, apalagi uang yang nyari kita, maka ini nggak benar. Kalau mau sukses harus melalui kerja keras. Semakin keras kerjanya maka suksesnya akan semakin bermakna," jawab kawan saya ini dengan yakin.
Dari pernyataan di atas Anda bisa lihat bahwa kawan saya menolak pendapat atau sugesti saya bahwa cari uang itu mudah. Dan memang benar. Kawan saya ini harus susah payah untuk bisa buat duit.
Contoh lain adalah saat saya menerima komplain dari salah satu orangtua murid kami. Sebagai pendiri dan sekaligus kepala sekolah Anugerah Pekerti, di Surabaya, saya berusaha memberikan proses pembelajaran yang sangat memudahkan anak didik kami, dengan menerapkan berbagai teknologi pikiran yang saya pelajari dan kuasai. Salah satunya adalah dengan menerapkan SALT (Suggestive Accelerated Learning and Teaching). SALT. adalah bentuk advance dari Genius Learning Strategy dan murni menggunakan teknik Suggestopedia Lozanov.
Dengan teknik SALT murid di sekolah kami belajar dengan hati riang gembira, stress free, dengan tingkat penyerapan materi yang sangat cepat dan tentu saja dengan level pemahaman yang sangat baik.
Meskipun demikian ada orangtua yang komplain, ?Pak Adi, anak-anak di sini terlalu enak. Kok, nggak pernah lihat mereka belajar. Kesannya mereka setiap hari hanya bermain dan bermain saja di sekolah ini.?
"Lha, maunya Ibu bagaimana"? tanya saya.
"Itu lho Pak. Belajar itu kan perlu upaya keras. Saya dulu kalau belajar sampai stres dan nangis-nangis. Rasanya nggak masuk akal kalau anak di sini belajarnya begitu mudah dan santai. Nantinya apa mereka siap untuk menghadapi tantangan hidup?" tanya si ibu.
Saya hanya tersenyum mendengar jawaban ini. Tanpa banyak komentar saya lalu meminta staf saya untuk mengambil lembar ujian matematika anak kelas 1 SD dan saya tunjukkan pada si ibu sambil bertanya, "Kalo seperti ini apakah anak-anak kita belajarnya santai dan tidak siap menghadapi tantangan hidup"?
"Wah, kalau soalnya seperti ini, ini namanya keterlaluan pak. Lha, masa soalnya begini banyak," jawab si ibu kaget.
Apa yang terjadi? Kami memberikan soal ujian sebanyak 200 soal pada murid kami. Waktu yang tersedia maksimal 45 menit. Semuanya harus dijawab dengan melakukan perhitungan matematis. Tidak ada multiple choice.
Mengapa ibu ini "menolak" cara belajar yang kami terapkan? Karena menurutnya cara belajar yang benar adalah kalau sulit, butuh upaya besar, dan kalau perlu sampai stres seperti yang dulu ia alami.
Anda jelas sekarang? Untuk bisa melakukan perubahan, kita harus tahu cara kerja masing-masing barrier dan harus bisa bekerja sama, sesuai dengan prinsip kerja barrier ini, agar sugesti yang kita berikan tidak ditolak dan akhirnya bisa masuk ke pikiran bawah sadar dan menjadi program baru yang membantu kita untuk sukses.
Jadi, kalau kita sulit berubah maka ini adalah sesuatu yang positif dan wajar. Namun kalau kita tidak bisa berubah, nah ini yang jadi masalah.
Nah, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana caranya untuk bisa melewati ketiga barrier ini? Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kondisi hipnosis atau trance. Saat trance, pikiran sadar untuk sementara waktu off alias tidak bekerja. Kalaupun masih aktif maka daya tolak terhadap sugesti sudah sangat lemah.
Bagaimana kalau dalam kondisi sadar atau beta? Untuk menghadapi logical barrier, wording yang kita gunakan dalam menyusun kalimat sugesti harus bisa mem-bypass fungsi evaluasi kritis dari barrier ini. Kita bisa menggunakan kalimat yang diawali dengan kata "Saya ingin......", "Kondisi ideal......", "Saya memutuskan.....", "Saya berharap......", "Jangan.......".
Kalau untuk menghadapi intuitive (affective) barrier dan ethical barrier biasanya saya menggunakan metafora dan atau contoh kisah nyata yang bersifat mendesugesti atau merontokkan belief yang dipegang klien. Intinya adalah bagaimana bisa membuat klien percaya bahwa apa yang mereka yakini adalah sesuatu yang kurang tepat.
Misalnya, ada klien yang yakin bahwa cari uang itu susah atau uang adalah akar segala kejahatan. Yang saya lakukan adalah mengajak dan mengajar klien menggunakan kemampuan berpikir logisnya untuk merenungkan kebenaran keyakinannya. Biasanya pikiran klien akan terbuka dan sadar bahwa apa yang mereka yakini selama ini ternyata salah dan justru sangat merugikan dirinya sendiri.
Demikian juga bila ada anak yang merasa bahwa belajar itu sulit. Biasanya kesulitan belajar anak adalah sulit menghapal dan sulit menghitung. Untuk mengatasi hal ini saya mengajarkan teknik memori dan teknik menghitung kepada si anak. Hanya dalam waktu sekejap si anak mampu menghapal 25 kata acak dengan sempurna. Demikian juga dengan menghitung. Dengan teknik tertentu anak mampu menghapal tabel perkalian dengan sangat cepat atau mengerjakan perkalian tiga digit kali tiga digit dengan sangat mudah.
Hal ini sudah tentu sangat ampuh dalam merontokkan kepercayaan anak bahwa belajar itu susah. Saat si anak percaya bahwa belajar itu mudah maka langkah selanjutnya adalah tinggal memperkuat belief itu.